Rabu, 27 Maret 2019

Resume Perangkat Jaringan Komputer

1. Reapeter

Repeater adalah perangkat yang digunakan untuk memperluas batas-batas dari daerah jaringan kabel lokal (LAN) atau nirkabel (WiFi). Atau dengan kata lain untuk mengulangi kembali pancaran sinyal dengan maksud memperkuat kembali pancaran yang diterima sehingga lebih kuat dan dapat mencapai jarak yang lebih jauh atau memperluas jangkauan.
Gambar 1. Wifi Reapeter

Fungsi Repeater Jaringan Komputer Secara Umum:
a.Memperluas sinyal dari server.
b.Mengover daerah-daerah yang lemah sinyal dari server (Pemancar).
c.Mempermudah akses sinyal WIFI dari server.
d.Meneruskan dan memperkuat sinyal.
e.Mempermudah pengiriman data ataupun informasi.
f.Tidak perlu membangun jaringan kabel yang sangat panjang.

2. Bridge

Bridge adalah suatu alat yang dapat menghubungkan jaringan komputer LAN (Local arean Network) dengan jaringan LAN yang lain. Bridge dapat menghubungkan tipe jaringan komputer berbeda-beda (misalnya seperti Ethernet & Fast Ethernet), ataupun tipe jaringan yang serupa atau sama.

Alat ini bekerja pada data Link layer model OSI (Open System Interconnection), Karena itu bridge bisa menyambungkan jaringan komputer yang memakai metode transmisi atau medium access control yang tidak sama atau berbeda. Bridge juga adalah alat yang bisa mempelajari alamat link yang ada pada setiap perangkat yang terhubung dengannya dan juga mengatur alur frame berdasarkan alamat tersebut.
Gambar 2. Bridge

Fungsi dari bridge diantaranya sebagai berikut:
a.Bridge dapat berfungsi menghubungkan 2 buah jaringan komputer LAN yang sejenis, sehingga dapat memiliki satu jaringan LAN yang lebih besar dari ketentuan konfigurasi LAN tanpa bridge.
b.Bridge juga dapat menghubungkan beberapa jaringan komputer yang terpisah, baik itu tipe jaringan yang sama maupun yang berbeda.
c.Bridge juga dapat berfungsi sebagai router pada jaringan komputer yang luas, hal seperti ini sering dinamakan dengan istilah “Bridge-Router”. Lalu bridge juga dapat men-copy frame data yaitu dari suatu jaringan yang lain, dengan alasan jaringan itu masih terhubung. Dan masih banyak lagi fungsi lainnya dari bridge.

3. NIC ( Network Interface Controller )

NIC adalah perangkat keras yang berbentuk kartu dengan kegunaan untuk menjadi jembatan komputer ke sebuah jaringan komputer. Cara kerjanya mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial yang dapat ditransmisikan kedalam media jaringan.
Gambar 3. Ethernet Card

Berikut ini fungsi-fungsinya:
a.Sebagai media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan.
b.Untuk mengotroldataflowantara komputer dan sistem kabel.
c.Untuk menerima data yang dikirim dari komputer melalui kabel, lalu diterjemahkan kedalam bitagar dapat dimengerti oleh komputer.






SHARE THIS

Author:

0 komentar: